PERAWATAN GENERATOR

Perawatan Genset

Genset/Generator diesel pada dasarnya adalah kombinasi dari mesin diesel dengan generator listrik (seringkali sebuah alternator) untuk menghasilkan energi listrik. Ini adalah kasus spesifik generator mesin. Mesin pengapian kompresi diesel sering dirancang untuk dijalankan dengan bahan bakar minyak, tetapi beberapa jenis disesuaikan untuk bahan bakar cair atau gas alam lainnya.Mereka membutuhkan perawatan yang lebih sedikit karena daya tahan, keandalan, dan karakteristik kekokohannya dan juga dianggap lebih murah untuk beroperasi karena biaya bahan bakar yang rendah dibandingkan dengan jenis bahan bakar lain seperti bensin dan propana.Mereka dapat menahan beban berat selama berjam-jam dan memulai catu daya pada beban penuh dalam beberapa menit dan harus dipelihara secara teratur untuk memastikan mereka memberikan daya berkualitas selama masa pakai. Praktik pemeliharaan generator terbaik mengikuti jadwal perawatan yang disediakan oleh pabrikan generator untuk memastikan waktu servis maksimum untuk generator dan operasi yang tepat ketika diminta untuk menyediakan daya.Memiliki sistem daya siaga yang dirancang dengan baik dan dipelihara dengan baik adalah perlindungan terbaik terhadap pemadaman listrik utilitas. Untuk rumah sakit dan fasilitas perawatan kesehatan lainnya, mereka dapat mengancam jiwa. Untuk bisnis seperti pusat data, pemadaman listrik bisa sangat mahal. Fasilitas penting lainnya yang berisiko termasuk kantor pemerintah, departemen kepolisian, stasiun pemadam kebakaran, bandara, dan pabrik pengolahan air / limbah.Tips perawatan pencegahan untuk generator diesel yang menjamin catu daya tanpa gangguan yang tidak berbahaya dan konsisten untuk semua kebutuhan yang dimaksudkan. Mereka termasuk aspek-aspek berikut:

 

Inspeksi Umum Rutin Generator Diesel

Perawatan Genset

Selama menjalankan generator diesel, sistem pembuangan, sistem bahan bakar, sistem listrik DC dan mesin memerlukan pemantauan ketat untuk setiap kebocoran yang dapat menyebabkan kejadian berbahaya. Seperti halnya mesin pembakaran internal, perawatan yang tepat sangat penting. Menurut Georgia Scott dari Constant Power Solutions, salah satu Produsen Generator dan Peralatan Listrik terkemuka di Inggris, servis standar dan waktu penggantian oli direkomendasikan pada 500 jam, namun beberapa aplikasi mungkin memerlukan waktu servis yang lebih pendek, itulah sebabnya layanan purna jual harus menjadi kedudukan tertinggi .

1. Pelumasan

Oli Genset

Oli mesin harus diperiksa saat mematikan generator secara berkala menggunakan dipstick. Biarkan oli di bagian atas engine mengalir kembali ke dalam crankcase dan ikuti rekomendasi pabrikan mesin untuk klasifikasi oli API dan viskositas oli. Pertahankan level oli sedekat mungkin dengan tanda penuh pada dipstick dengan menambahkan kualitas dan merek oli yang sama.Oli dan filter juga harus diubah pada interval waktu yang diakui. Hubungi produsen mesin untuk mengetahui prosedur pengeringan oli dan mengganti oli dan pembuangannya harus dilakukan dengan tepat untuk menghindari kerusakan atau pertanggungjawaban lingkungan.Namun demikian, membayar untuk menggunakan oli, pelumas, dan cairan pendingin yang paling dapat diandalkan untuk menjaga mesin Anda bekerja. Oleh karena itu, menurut Jim Girard dari Lubriplate dari Newark NJ, di AS, sangat disarankan untuk membeli pelumas yang sesuai dengan spesifikasi pelumas generik Original Equipment Manufacturer (OEM).

2. Sistem Pendinginan

Perawatan Genset Generator

Periksa level cairan pendingin selama periode shutdown pada interval yang ditentukan. Lepaskan tutup radiator setelah membiarkan mesin menjadi dingin, dan, jika perlu, tambahkan pendingin sampai level sekitar 3/4 in. Mesin diesel tugas berat membutuhkan campuran air, antibeku, dan aditif pendingin yang seimbang. Periksa bagian luar radiator dari penghalang, dan singkirkan semua kotoran atau benda asing dengan sikat atau kain lembut dengan hati-hati agar tidak merusak sirip. Jika tersedia, gunakan udara tekan bertekanan rendah atau aliran air berlawanan arah dengan aliran udara normal untuk membersihkan radiator.

3. Sistem Bahan Bakar

Perawatan GeneratorDiesel dapat mengalami kontaminasi dan korosi dalam jangka waktu satu tahun, dan oleh karena itu latihan rangkaian generator sangat dianjurkan untuk menggunakan bahan bakar yang tersimpan sebelum terdegradasi. Filter bahan bakar harus dikeringkan pada interval yang ditentukan karena uap air yang menumpuk dan mengembun di tangki bahan bakar.

Pengujian rutin dan pemolesan bahan bakar mungkin diperlukan jika bahan bakar tidak digunakan dan diganti dalam tiga hingga enam bulan. Pemeliharaan preventif harus mencakup inspeksi umum reguler yang mencakup memeriksa level cairan pendingin, level oli, sistem bahan bakar, dan sistem start. Pipa dan selang pendingin udara charge harus diperiksa secara berkala untuk mengetahui kebocoran, lubang, retakan, kotoran dan serpihan yang mungkin menghalangi sirip atau sambungan longgar.

Menurut Departemen Pemasaran Visa SpA yang berbasis di Italia, salah satu pemasok genset terkemuka di dunia, yang didedikasikan untuk desain, produksi, penjualan, dan penyewaan perangkat pembangkit; beberapa mesin yang digunakan dalam aplikasi set-by menghasilkan memiliki beberapa masalah tentang bahan bakar diesel.

 

4. Menguji Baterai

Perawatan GensetBaterai starter yang lemah atau kurang diisi merupakan penyebab umum kegagalan sistem daya siaga. Baterai harus tetap terisi penuh dan terawat baik untuk menghindari berkurangnya dengan pengujian dan inspeksi berkala untuk mengetahui status baterai saat ini dan menghindari hambatan start-up generator. Mereka juga harus dibersihkan; dan tingkat berat jenis dan elektrolit baterai yang sering diperiksa.

Menguji baterai: Hanya memeriksa tegangan output baterai tidak menunjukkan kemampuan mereka untuk memberikan daya awal yang memadai. Dengan bertambahnya usia baterai, resistansi internal mereka terhadap aliran arus naik, dan satu-satunya ukuran akurat dari tegangan terminal harus dilakukan di bawah beban. Pada beberapa generator, tes indikatif ini dilakukan secara otomatis setiap kali generator dimulai. Pada genset lainnya, gunakan tester beban baterai manual untuk membuktikan kondisi setiap baterai penyalaan.

Membersihkan baterai: Jaga kebersihan baterai dengan menyekanya dengan kain lembab setiap kali kotoran tampak berlebihan. Jika ada korosi di sekitar terminal, lepaskan kabel baterai dan cuci terminal dengan larutan baking soda dan air (¼ lb baking soda hingga 1 liter air). Hati-hati untuk mencegah solusi memasuki sel baterai, dan siram baterai dengan air bersih saat selesai. Setelah mengganti koneksi, lapisi terminal dengan aplikasi ringan dari petroleum jelly.

Memeriksa gravitasi spesifik: Dalam baterai asam timbal sel terbuka, gunakan hidrometer baterai untuk memeriksa gravitasi spesifik elektrolit di setiap sel baterai. Baterai yang terisi penuh akan memiliki gravitasi spesifik 1,260. Isi daya baterai jika pembacaan gravitasi spesifik di bawah 1.215.

Memeriksa level elektrolit: Dalam baterai asam timbal sel terbuka, verifikasi level elektrolit setidaknya setiap 200 jam operasi. Jika rendah, isi sel baterai ke bagian bawah leher pengisi dengan air suling.

5. Latihan Mesin Rutin

Berolahraga secara teratur membuat bagian-bagian mesin dilumasi dan menghalangi oksidasi dari kontak listrik, menghabiskan bahan bakar sebelum memburuk, dan membantu menyediakan permulaan engine yang andal. Latihan mesin dianjurkan untuk dilakukan setidaknya sebulan sekali selama minimal 30 menit. dimuat tidak kurang dari sepertiga dari nilai papan nama.

Yang paling penting, dalam hal perawatan mesin, menurut Peter Whitfield dari YorPower, produsen generator diesel independen terkemuka di Inggris, disarankan untuk melakukan inspeksi secara teratur karena perawatan pencegahan lebih baik daripada perawatan reaktif. Namun demikian sangat penting untuk mengikuti prosedur dan interval layanan yang ditunjuk.

6. Jaga Generator Diesel Anda Bersih

Perawatan Genarator

Tetes oli dan masalah lainnya mudah dikenali dan dirawat ketika engine bagus dan bersih. Inspeksi visual dapat menjamin bahwa selang dan ikat pinggang dalam kondisi baik. Pemeriksaan yang sering dapat mencegah tawon dan gangguan lainnya bersarang di peralatan anda.Semakin banyak generator digunakan dan diandalkan, semakin banyak yang perlu diurus. Namun, generator yang jarang digunakan mungkin tidak perlu banyak perawatan.

Merawat mesin Generator khususnya untuk yang diesel memang memerlukan perhatian yang khusus karna apabila terjadi sesuatu seperti kerusakan ringan maka itu akan menganggu kegiatan produksi perusahaan anda,maka dari itu ada baiknya untuk melakukan perawatan rutin agar mesin genset anda bisa bekerja secara optimal dan kegiatan industri anda berjalan normal tanpa hambatan.Nah demikan tips dari saya semoga bermanfat dan jangan lupa bila anda memerlukan jasa untuk perbaikan mesin generator maka anda bisa menghubungi kami,kenapa kami ? karna kami memberikan paket penawaran sepecial untuk anda yang tentunya dengan harga terjangkau dan pasti bergaransi.Ayoo hubungi kami segera !! Atas perhatiannya saya terimakasih dan sampai jumpa di tips berikutnya..Salam Rewinding !!

By Admin Rewinding

Customer Kami