Perawatan Dinamo

PERAWATAN DINAMO

Perawatan Motor Listrik

Assallamualaikum wr.wb,selamat pagi kawan-kawan di kesempatan kali ini admin dari www.jasarewinding.com akan berbagi tips nih untuk perawatan dinamo yang mana kita tahu kalau dinamo itu butuh perawatan yang ekstra agar mesin dari dinamo kita bisa selalu berjalan optimal.Baiklah ayo kita mulai,harap diingat bahwa pemeliharaan dan pencegahan penuh adalah bagian penting dari rutinitas harian anda agar senantiasa menjaga kesehatan dinamo anda.Tidak usah berlama-lama mari kita mulai tips pertama untuk perawatan dinamo dan yang pertama adalah :

1. Jaga dinamo Anda Tetap Bersih

Ada banyak ancaman terhadap kesehatan dinamo anda, tetapi hanya sedikit yang berpotensi berbahaya seperti kebersihan motor.sementara TEFC pada bagian motor sepenuhnya tertutup untuk melindungi dari kontaminasi di komponen dalam,masih penting untuk menjaganya dari debu,noda,minyak dan serpihan kecil.Lubang angin pada bagian TEFC motor berfungsi untuk mengalirkan panas lewat sirip luar dan kipasnya,jadi bila bagian tersebut tidak bersih maka kemampuan untuk menghilangkan panas akan berkurang,yang mana itu akan membuat komponent dalam motor menjadi panas dan mudah rusak.

Note:Jangan pernah membersihkan motor saat masih menyala,karena membersihak motor pada saat masih menyala akan menyebabkan kerusakan.Ikuti prosedur penguncian yang benar sebelum memulai operasi pembersihan.

Peralatan yang menghsilkan voltase listrik tinggi seperti dinamo ini ada baiknya untuk selalu terbebas dari kotoran maupun debu.Karna debu juga dapat mengakibatkan kegagalan listrik seperti Short Circuit atau arus pendek.Jadi untuk menjaga dinamo anda tetap dingin bahkan dilingkungan yang panas maka jagalah TEFC motor anda agar tetap bersih.

2. Jadwalkan Pemeriksaan Rutin untuk Komponen Listrik

Dalam ruang lingkup industri, semua komponen listrik harus diperiksa secara berkala dan jika perlu dirawat.Sebagian besar kegagalan listrik disebabkan oleh kelembaban atau sambungan yang longgar atau kotor.Jadwal pemeliharaan preventif dapat membantu mengidentifikasi masalah ini sebelum menjadi kritis, mencegah pemadaman tersebut dan mempertahankan kinerja motor Anda.Salah satu cara untuk mengidentifikasi potensi masalah pada dinamo adalah melalui inspeksi termografis, biasanya dilakukan pada kondisi beban puncak.Proses ini membantu mengidentifikasi temperatur yang berlebihan yang seringkali merupakan akibat dari koneksi yang longgar atau kotor, ketidakseimbangan muatan, atau peralatan yang dipasang secara tidak benar.

3.Periksa Komponen Yang Longgar

Beberapa komponen dapat menjadi longgar seiring waktu, dan komponen yang longgar ini dapat menyebabkan keausan yang tidak terduga atau berlebihan. Dudukan motor bahkan bisa menjadi bengkok, retak, atau sedang dalam proses kegagalan total. Periksa motor Anda sesering mungkin untuk melihat apakah fitting, dudukan, baut pemasangan, pelat dasar baja, dan komponen lainnya dipasang dengan benar dan aman.Bagian yang bergerak juga harus diperiksa untuk pin longgar, baut, atau bantalan. Sentuhan sederhana dengan tangan Anda akan memberi tahu Anda seberapa baik kontak dan relay beroperasi, atau jika mereka menempel atau mengikat. Berhati-hatilah saat merasakan peralatan yang panas atau berenergi!

4. Jadwalkan Tes Analisis Getaran

Getaran berlebih dapat secara signifikan mempersingkat masa pakai dinamo Anda karena dapat menyebabkan aus pada bagian logam dan dapat menyebabkan bantalan dan belitan rusak.getaran yang nerlebihan bisa menjadi masalah di bagian mekaniknya atau bagian elektriknya,biasanya bagian mekaniknya yang lebih sering jadi penyebabnya.untuk mengecek kerusakan getaran maka periksa bagian pengikat apa sudah kencang atau belum,kesalahan pemasangan bearing atau bahkan komponen yang tidak seimbang.Beri perhatian lebih pada bagian yang berputar seperti rotor,pemutar beban dan rantai penggerang karna disinilah letak sering terjadinya masalah.

Karena getaran berlebihan mungkin tidak selalu dapat dideteksi dengan tangan, instrumen tertentu telah dikembangkan untuk menganalisis getaran motor. Alat-alat ini akan menampilkan amplitudo dan frekuensi motor, memperingatkan pengguna untuk masalah potensial. Untuk pengujian yang lebih akurat, atau mengidentifikasi sumber getaran, pertimbangkan melepaskan beban dan menjalankan motor sambil memeriksa getaran.